Selasa, 19 Agustus 2008

Hah,,,,,Mahasiswa Komunikasi ????

Setau gue, jurusan komunikasi di setiap universitas, sekolah tinggi, bahkan tempat kursus ecek-ecek sekali pun pasti mengajarkan cara berkomunikasi yang baik dan benar

Contoh standar : A bertandang ke rumah tetangganya. Di depan pintu dia mengetuk, lalu mengucapkan salam.

A : “Assalammualaikum….”

Empunya rumah : “Waalaikum salaaammmm…eeeh…si A ada perlu apa?”

Suatu awal komunikasi yang simpel. Assalammualaikum, Selamat Pagi, Permisi…kayaknya kata-kata itu udah jadi bagian dari hidup kita sehari-hari deh.

Coba bandingkan dengan kejadian yang gue alami kemaren sore di kantor redaksi majalah *****,

Temen gue Bayu, datang berkunjung ke ruang creative di lt.3. Biasalah...dapet kerjaan2 yang ngga sanggup kita kerjain semenjak dia resign (teteuuup ngerjain kerjaannya Adwork ya Dit?)

Out of the blue, di tengah lagi ngobrol-ngobrol, 3 orang cewe dengan dandanan layaknya mahasiswi masa kini menghampiri kita. Sambil celingak celinguk bingung ngomong gini :

mahasiswi 1 : “(tanpa babibu) Bagian art director mana sih?”

Gue : “Cari siapa?”

m1 : “Bagian Art Director”

Bayu : “Iya cari siapa?”

m1 : “Ya ga tau, tadi dari atas kita disuruh nyari bagian art director”

Gue : “Mau ngapain?”

m2 : “Mau minta kartu nama sama sekalian tanda tangan”

Bayu : “Untuk apa?”

m3 : “Buat tugas kuliah gitu deh...soalnya tadi ‘dia orang’ yang di atas bilang kalian lagi sibuk semua jadi ga bisa diganggu. Jadi buat bukti ke kampus kita minta kartu nama dan tanda tangannya.”

Bayu : “Kalian ini siapa namanya? Dari mana? Kuliah dimana? Tujuannya apa?”

m1 : (menyebutkan sekolah tinggi public relation terkemuka di Jakarta)

m2 : “Tadi sih kita udah wawancara sama Account Directornya”

Gue : “Siapa?”

m3 : “Ga tau deh...tadi siapa ya namanya?”

(Masya Alllaaaaaaaahhhh. ....uda wawancara kok ga tau namanya????? )

m1 : “Pokoknya sih kita minta kartu nama Art director 2 sama copywriter 1”

Bayu : (dengan nada geram) “Kalian ini semester berapa sih?”

m1 : “semester 1”

Bayu : “Panteeeessss. ....mbok kalian itu kalo dateng permisi dulu kek. Prolog dulu. Kalian ini siapa? Kuliah di mana...tujuannya apa....”

m3 : (ngotot) “Tapi tadi di resepsionis bilang kalian lagi sibuk ga bisa diganggu jadi kita minta kartu namanya aja sama tanda tangan”

Bayu : “Ya memang. Tapi lain kali jangan gitu aja dong. Mbok kalian itu yang sopan. Ini masalah manner.”

Gue : “Lain kali minta tolong contact personnya untuk nganter kalian. Jadi ga sembarangan. Sekarang aja kalian ga tau mau cari siapa. Emang art director sama copywriter ga punya nama?

”Bayu : “Kalian kan bakal kerja kan? Mau jadi art director sama copywriter kan? Kalo masuk ke kantor orang pake permisi dong. Jangan sembarangan.”

m1 : “Duh...kayak diospek deh...” (muka songong)

m3 : (muka udah mau nangis) “tapi tadi katanya kalian sibuk”

Capek liat muka mereka ber3, akhirnya 3 anak ini kita suruh cari sendiri Art Director yang emang kebetulan lagi pada sibuk dan ngga ada ditempat.

Konon kabarnya 3 anak ini kuliah di jurusan komunikasi sebuah Sekolah Tinggi ternama di bilangan Jakarta Pusat .

Apakah komunikasi seperti ini yang diajarkan sama mereka?? Sehingga untuk memperkenalkan diri, menjaga manner, dan menghormati orang lain dilupakan begitu saja. Susah banget ngomong permisi, maaf, numpang tanya, mohon bantuannya.

Mereka bahkan tidak memperkenalkan nama mereka sampe detik terakhir dan menyebut kita (gue dan Bayu) dengan kalian. Bahkan menyebut Resepsionis, Account Director, serta Finance Director yang mereka wawancara dengan sebutan 'dia orang'. Datang tak dijemput, pulang main nyelonong. Jelangkung aja masih sopan minta tolong anterin.

Gue yang sok minta dihormatin, atau ketinggalan jaman karena komunikasi sekarang memang sebegitu direct cenderung kasar, atau emang 3 anak itu aja yang ngga punya manner?

Prihatin sih gue...baru ditegur gitu aja udah bilang, berasa diospek, trus yang satu malah pasang muka mau nangis. Sedih deh gue...Moga -moga yang kayak gini cuma segelintir aja. Kalo emang nggak pengen berkomunikasi sama orang lain, ngapain ambil jurusan komunikasi????

*hanya ingin sekedar berbagi*

Tidak ada komentar: