Senin, 28 Juni 2010

Ada tambahan ilmu nih! Alhamdulillah... Terima kasih untuk temanku yang coment di email yahoo... ini terkait dengan tulisan saya di bawah (Makan dulu atau sholat dulu)

Ibunda yang baik.
Aku hanya ingin berbagi. Semoga Ibunda berkenan.
Aku bukan orang yang pandai atau berilmu. Tetapi aku ingin sekali berbagi. Semoga
menjadi niat yang tulus untuk kebaikan sesama.

Berikut ini aku petikan haditsnya.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika makan malam sudah disajikan dan Iqamah shalat dikumandangkan, maka dahulukanlah makan malam.” (HR Bukhari dan Muslim)

Aisyah dia mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak sah shalat saat makanan sudah disajikan dan pada saat menahan buang air besar dn buang air kecil.” (HR. Muslim)

Abu Darda radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Di antara tanda kepahaman agama yang dimiliki seseorang adalah menyelesaikan kebutuhannya terlebih dahulu sehingga bisa melaksanakan shalat dalam keadaan konsentrasi.” (HR. Bukhari tanpa sanad. Lihat Fathul Baari, 2/187)

Sungguh, Ibunda telah mengingatkan sesuatu yang saat ini mungkin diremehkan oleh sebagian muslim, yakni sholat. Aku mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya. Semoga menjadi amal baik yang dicatat disisiNya.

Tidak ada komentar: