Rabu, 11 Februari 2009

Terlintas

Percakapan beberapa tahun yang lalu……

Ma,,, kebayang gak 10 tahun lagi loe gimana??

Pertanyaan seorang Teman tersayang...saat lunch berduaan.

Gue inget banget banget, dulu gue dengan semangatnya ngejawab

dengan mata berbinar-binar.

10 tahun lagi gue pasti udah punya anak 3 yang lucu-lucu dan gue udah punya usaha dirumah. Punya suami yang pengertian yang baiiiiiiiiiiiiikkk dan sayang ama gue dan anak2 gue!

Si kakak tersenyum lucu ngedenger jawaban gue.

Knapa ada yang salah??

Dia menggeleng.

Trus gue balik tanya..loe gimana?

Sepuluh tahun lagi, gue akan kerja diappartemen gue,

gak kawin. Gak punya anak.

Gubraaakk! Gak kawin! Gak punya anak!

Waktu itu, gue Cuma bisa bengong2 ada cewek yang gak punya mimpi untuk kawin.…mungkin dia lihat perubahan muka gue, waktu dia dengan keras bilang gak mau kawin.

Trus dia ngeralat,

mungkin gue kawin juga akhirnya...tapi kalo bisa gue gak kawin, katanya.

Saat itu, gue masih aneh aja, ada orang yang bisa memilih untuk gak kawin. Kawin atau gak kawin itu pilihan. Dan gue gak mau tau alasannya. Everybody have their own reason for what they do and done. Please guys don’t judge your friends!

Ada yang bilang, seorang perempuan ketika di akhir usia 20an akan blingsatan kalo dirinya belum menemukan jodohnya. Tapi setelah lewat 30, setelah dia bisa melewati ketakutannya dia malah bisa menikmati kesendiriannya yang akhirnya benar2 hanya ingin sendirian.

…(bener gak tuh?)


Dan sekarang gue sedang mengingat percakapan gue dengan dia.Seorang kakak yang saat ini sedang gue rindukan kehadirannya.Tempat berkeluh kesah tentang suasana hati atau pikiran yang menyesakkan dada.

(Mba…ima kangen!)

Waktu itu gue gak pernah nyangka gue akan ngalamin kenyataan ini.

Tapi sekarang ini yang sekarang gue rasakan…

...

Gue ingin sendirian...

Tanpa beban...

Tanpa kebencian…

Tanpa mimpi kosong!

...

Tidak ada komentar: